Senin, 03 Oktober 2016

Deretan Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Anemia

,
Deretan makanan ini bisa mencegah penyakit anemia | Apakah anda termasuk orang yang sering menderita penyakit anemia, atau bahkan belum pernah sama sekali mengalami penyakit anemia? tahukah anda , bahwa ada makanan yang paling efektif untuk mencegah penyakit anemia? penasaran bukan ? simak ulasan berikut mengenai deretan makanan bisa mencegah penyakit anemia yang kami kutip pada halaman blogspot ini.

Istilah anemia sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Anemia merupakan suatu gejala yang diakibatkan tubuh mengalami kekurangan darah. Jika dilihat dari segi persentase resiko, perempuan lebih besar mengalami resiko anemia. lantas apa penyebabnya perempuan memiliki resiko gejala anemia lebih besar dari pada laki-laki?
  1. Yang pertama adalah perempuan mengalami menstruasi yang mengakibatkan kehilangan banyak darah. Apabila mengalami pendarahan yang hebat dapat menyebabkan resiko anemia kronis.
  2. Yang kedua adalah ibu yang melahirkan, setiap wanita memang normal banyak kehilangan darah saat melahirkan, jumlah darah yang dikeluarkan pun banyak tentunya tergantung dari lamanya penanganan, semakin lama ibu kehilangan darah dapat mengakibatkan kematian. Itulah alasan seorang ibu memiliki wajah pucat dan lemas setelah pasca melahirkan.

Baca juga artikel menarik lainnya : Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan Sangat Mematikan

Pada umumnya salah satu faktor penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Fungsi zat besi adalah membuat hemoglobin yang berperan sebagai daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan zat besi akan berakibat terhambat dalam memasok hemoglobin dalam darah yang menyebabkan badan lemas, pusing, anemia, malas, dan pusing.

Gejala anemia yang umum dan sering muncul ialah letih, lesu, lemah atau bahkan muncul pembengkakan terhadap tangan dan kaki, sesak nafas dan juga adanya darah dalam kotoran kita. Meski demikian, anda amat sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai beraneka gejala yang anda alami. Ada beraneka ragam penyebab anemia yaitu kekurangan (zat besi, vitamin B12, asam folat), kebiasaan merokok, umur menua dan juga penyakit radang sendi. Beraneka ragam jenis makanan terbukti ampuh dalam mencegah gejala anemia terhadap diri anda. 

Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia.


1.  Kedelai

Semua jenis kacang-kacangan merupakan sumber zat besi (jenis non heme) yang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi anda bila diolah dengan benar. Kacang-kacangan mengandung asam fitat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Cara terbaik untuk mengurangi kandungan asam fitat di dalamnya adalah dengan merendam kacang di dalam air hangat selama semalam sebelum memasaknya. 

Kedelai merupakan jenis kacang yang mengandung zat besi paling tinggi. Selain itu, kedelai juga mengandung protein yang cukup tinggi dan rendah lemak yang dapat membantu mengatasi anemia.

2.  Roti Gandum

Gandum juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian anda. Walaupun gandum juga mengandung asam fitat, akan tetapi proses fermentasi saat pembuatan roti membuat kandungan asam fitat di dalamnya berkurang. Satu potong roti gandum telah dapat memenuhi sekitar 6% kebutuhan zat besi harian anda.

3.  Oatmeal

Oatmeal juga mengandung zat besi dan asam fitat. Belilah oatmeal yang telah diperkaya oleh zat besi. Menurut USDA Nutrient Database, segelas oatmeal yang telah diperkaya dengan zat besi dapat memenuhi sekitar 60% kebutuhan zat besi harian anda. Selain itu, oatmeal yang diperkaya oleh zat besi biasanya juga mengandung vitamin B12 dan vitamin B lainnya.

4.  Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi dan daging babi juga mengandung zat besi (jenis heme) yang lebih mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi yang terdapat pada tumbuhan (jenis non heme). Hati hewan merupakan salah satu sumber terbaik untuk meningkatkan kadar zat besi dan vitamin B di dalam tubuh anda. Menurut USDA, hati sapi dapat memenuhi lebih dari 600% kebutuhan zat besi dan vitamin B12 harian anda.

5.  Telur

Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak antioksidan dan protein seperti telor dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin yang hilang akibat anemia. Satu butir telur besar mengandung sekitar 1 mg zat besi yang dapat memenuhi sekitar 7% kebutuhan zat besi harian pada wanita dan 11% kebutuhan zat besi harian pada pria.

Penyerapan zat besi meningkat bila disertai dengan konsumsi asam askorbat (vitamin C), oleh karena itu konsumsilah telur anda bersama dengan segelas jus jeruk. Mengkonsumsi telur secara teratur juga baik bagi kesehatan tulang dan persendian anda.

6.  Selai Kacang

Dua sendok makan selai kacang mengandung 0.6 mg zat besi. Pria dewasa membutuhkan sekitar 8 mg zat besi setiap harinya dan wanita dewasa membutuhkan sekitar 18 mg zat besi setiap harinya.

7.  Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan sumber zat besi dan vitamin C. Selain itu, bayam juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, kalsium, dan beta karoten.

Setengah gelas bayam rebus mengandung 3.2 mg zat besi. Berbagai sayuran berdaun hijau lainnya yang juga bermanfaat bagi penderita anemia adalah selada, seledri, brokoli, dan selada air.

8.  Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Konsumsilah segelas jus tomat segar setidaknya satu kali sehari. Hindari konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi yang dapat mengganggu penyerapan zat besi. Selain itu, tomat juga mengandung beta karoten dan vitamin E yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut anda.

9.  Buah Delima

Buah delima mengandung vitamin C, zat besi, vitamin A, vitamin E, serat, dan kalium. Buah delima dapat membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh anda dan mengurangi berbagai gejala anemia.

10.  Bit

Kandungan nutrisi dan zat besi di dalam bit dapat membantu mengembalikan dan mengaktifkan kembali sel darah merah, sehingga dapat meningkatkan suplai oksigen bagi seluruh tubuh anda.

Terus kunjungi situs http://tehuntukmengobatibronkitisdengancepat.blogspot.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. 

Deretan Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Anemia

0 komentar to “Deretan Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Anemia”

Posting Komentar

 

Teh Untuk Mengobati Bronkitis Dengan Cepat Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates